image

Tips Dalam Menulis Resume

Tips Dalam Menulis Resume

  • JANGAN gunakan teks multi-warna atau terlalu banyak ukuran font berbeda. Miring, garis bawah, bayangan, grafik dan garis atau kotak vertikal / horizontal juga sebaiknya dihindari. Jaga agar panjang resume Anda minimum – dua atau tiga halaman adalah ideal.Verdana, Arial, Calibri atau Times.
  • JANGAN menyertakan rincian pribadi seperti tanggal lahir Anda, status perkawinan atau foto (kecuali jika Anda melamar pekerjaan yang relevan).
  • LAKUKAN sertakan tautan ke situs web Anda, jika ada (dan jika itu terkait dengan pekerjaan Anda). Baik itu situs web atau blog, atau akun Twitter, LinkedIn atau Instagram, kehadiran online benar-benar dapat meningkatkan citra Anda dan membuat Anda lebih serius, terutama untuk karier di media, industri kreatif, dan TI.
  • JANGAN membuat pernyataan yang tidak jelas. Berikan konteks fakta dengan mendukungnya dengan contoh nyata. Misalnya, jangan hanya mengatakan, “Saya memiliki keterampilan komunikasi yang sangat baik”. Alih-alih, katakan: “Keahlian komunikasi saya yang luar biasa telah disesuaikan dengan … dan terbukti sangat berharga ketika …”
  • LAKUKAN, sedapat mungkin, mengukur pencapaian Anda. Jika Anda dapat mengatakan, misalnya, “meningkatkan penjualan sebesar $ 50.000”, “mengurangi turnover sebesar 34%” atau “meningkatkan lalu lintas situs web sebesar 125%” daripada membuat klaim yang lebih umum, yang akan memberikan bobot dan kejelasan yang lebih tegas pada pernyataan Anda.
  • JANGAN gunakan format PDF untuk resume Anda, terutama untuk industri yang kurang IT-berat, karena beberapa perangkat lunak tidak akan dapat membacanya dengan mudah. Sebagian besar perusahaan lebih suka file Word (.doc / .docx) sedapat mungkin.
  • JANGAN gunakan testimonial dari majikan sebelumnya. Pertimbangkan untuk menambahkannya ke resume Anda sebagai hyperlink, menautkannya ke testimonial pemberi kerja di profil LinkedIn atau situs web Anda (jika ada).
  • JANGAN lupa untuk menyesuaikan resume Anda untuk setiap aplikasi pekerjaan. Semakin tepat Anda mengatasi setiap kriteria untuk pekerjaan tertentu, menunjukkan bagaimana Anda cocok dan memenuhi kriteria, semakin besar peluang Anda untuk membuat daftar.
  • LAKUKAN proofread dan periksa ejaan – dan periksa lagi. Survei CareerBuilder baru-baru ini menemukan bahwa 58 persen resume berisi kesalahan ketik. Pastikan milik Anda bukan salah satu dari mereka! Jika Anda sering kembali dan mengubah atau memperbarui resume Anda, kesalahan ketik, kesalahan pengejaan dan masalah pemformatan dapat merambah. Melakukannya dapat dengan mudah membuat subjek yang tidak cocok dan kata kerja atau mengetuk kalimat tidak selaras. Baca kembali resume secara keseluruhan setiap kali Anda membuat amandemen.

komentar 1


tinggalkan Komentar Anda


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *